Sistem pendingin pada mobil.
Hello sahabat otomatif gimana kabarnya pada hari? Semoga semuanya supaya bisa lihat disini supaya saya bisa menjelaskan tentang sistem pendingin pada mobil & komponen yang ada pada sistem pendingin mobil.
Yuk bahas satu persatu supaya kita tahu tentang pendingin pada mobil suatu saat kalau saudara punya mobil gak binggung kalau sistem pendingin rusak, biar bisa membenarkan dengan sendiri nya.
Sistem pendingin adalah komponen yang paling penting dalam sebuah mesin yang ada miliki pendingin memiliki peran yang sangat penting karena pendingin berfungsi untuk mendinginkan dan menjaga komponen tetap baik, dan menjaga temperatur mesin agar selalu pada temperatur temperatur kerja mesin.
Komponen pada pendingin yaitu sebagai berikut :
hello gaes senang kita bertemu kembali didunia otomotf pada saat ini saya akan menjelaskan bagai mana sistem pendingin kita akan membahas satu persatu dari komponen sistem pendingin
ini lah komponen sistem pendingin
1. Radiato
Radiator adalah tempat menampung dan sebagai pendingin mesin, caranya yang semula panas akan diserap menjadi panas, radiator memilik tabung 2 yaitu tabung atas dan bawah yang berfungsi sebagai penampung air yang masuk pada radiator dan untuk mendinginkan cair panas dengan air dingin supaya mesin tetap selalu cepat dingin.
2. Tutup radiator
Yang berfungsi sebagai menambah titikdidih air pendingin dengan mengalirkan air menjadi panas dan tekan pada air menjadi panas dan lebih tinggi dan tekanan air dari luas, dan mempertahankan air yang dingin supaya tetap penuh walaupun mesin dalam keadaan dingin maupun panas. Dan tutup radiator itu dilengkapi dengan relief valve.
3. Thermostat
Thermostat yang berfungsi sebagai pengantur suhu kerja mesin pada saat mesin keadaan dingin dan juga memilik fungsi yang lain yaitu untuk mempertahankan Kanada suhu kerja Thermostat ini Di pasangan antara radiator dengan sirkuit ( silinder block dan silinder heat)
Sistem kerja pada Thermostat sama seperti katup yang otomatis yang selalu berkarja berdasarkan suhu mobil saat panas, dan dimana waktu mesin dingin katup akan menutup dan waktu mesin panas katup itu akan sendirinya membuka supaya cairan dingin masuk pada mesin.
4. Kipas pendingin
Kipas ini adalah sebagai pembantu dari radiator yang didinginkan oleh udara luar masuk melalui sirik sirik pada radiator. Pada saat mesin itu berhenti aliran pada sistem pendingin itu masih kurang untuk mendinginkan radiator. Ada dua jenis kipas angin yang di gunakan kendaraan untuk membantu dari cara kerja radiator itu sendiri. Kipas angin mesin yang di gerakan oleh motor listrik, dan kipas angin manual di di gerakkn oleh poros engkol mesin itu sendiri.
5. Tank cabang adalah yang di hubung kan oleh Radiator yang melalui selang overflow. Tank cabang ini berfungsi sebagai menjaga volume air tetap keadaan dingin dan selalu stabil.
6. Water pump
bertugas sebagai sirkulasi air pendingin dengan menjalankan perbedaan tekanan udara saluran hisap dengan saluran yang terdapat pada pada pump.
7. Selangan radiator
berfungsi sebagai penghubungkan antara radiator dengan block mesin. Selang ada 2 jenis yaitu Upper hose yang berfungsi mengalir air panas dari mesin masuk ke radiator, lower hose yang berfungsi sebagai mengalir air dingin semula dari radiator masuk ke dalan block mesin.
8. Water jacket
yang berfungsi sebagai mengalir di block itu namanya Water jacket
Kita tadi udah membahas tentang sistem pendingin pada mobil dan komponen dari sistem radiator itu sendiri. Semoga bisa jadi bermanfaat bagi anda.
sekian dari saya atas perhatiannya semoga bisa bermaaf untuk anda semuanya dan bisa membantu kalian semua untuk bisa memperbaiki sistem pendingin pada pendingin
Sampai jumpa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar